Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes

Jalur yang digunakan untuk mendaki ke Puncak Gunung Arjuna salah satunya adalah melalui Tretes. Jalur ini dikenal dengan jalur yang berat, dimana jalur ini juga digunakan oleh para penambang belerang di gunung welirang. Keuntungannya adalah di setiap pos di jalur ini terdapat sumber air bersih. Gunung Arjuno adalah gunung dengan ketinggian 3.339 Mdpl.
Untuk menuju desa tretes, pendaki bisa melalui Surabaya atau malang, kemudian menuju ke Pandaan lalu dilanjutkan menuju Tretes. Dari surabaya bisa naik bus antar kota jurusan malang. Dan dari terminal Pandaan naik angkot menuju basecamp pendakian Gunung Arjuno.
Jalur Pendakian :
Basecamp – Pos Pet Bocor 
Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Pos Pet Bocor dari Basecamp. Jalur masih agak landai, pos Pet Bocor ini ditandai dengan pipa-pipa yang bocor. Terdapat pula warung makan yang biasa dijadikan tempat camp para pendaki.
Pos Pet Bocor – Pos Kokopan
Jalur tentu saja masih dengan trek makadam, sedikit menanjak. Dijalan ini biasanya juga jeep para penambang melintas membawa belerang. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di Pos Kokopan. Di Pos Ini juga masih ada warung dan terdapat sumber air bersih.
Pos Kokopan – Pos Pondokan
Perjalanan selanjutnya adalah menuju pos pondokan. Trek yang semakin menanjak dan minim bonus menambah beratnya perjalanan. Sekitar 3 jam dibutuhkan untuk menempuh jalur ini agar bisa sampai di Pos Pondokan. Sebelum mencapai di Pos Pondokan ada area yang cukup teduh untuk dijadikan tempat beristirahat. Pos pondokan merupakan tempat para penambang belerang gunung Welirang mengumpulkan hasil tambangannya sebelum diangkut jeep. Di pos ini masih terdapat air bersih.
Pos Pondokan – Lembah Kidang
Ada dua jalur selepas dari pos Pondokan, lurus untuk menuju ke gunung Welirang dan ke Kiri untuk menuju gunung Arjuno. dari pos pondokan jalur sudah tidak berupa makadam lagi. Sekitar 45 meni berjalan sampailah di Lembah kidang. Di tempat ini bisa untuk mendirikan banyak sekali tenda, untuk air bersih sudah tidak tersedia lagi di sini. Di tempat ini adalah tempat favorit pendaki untuk camp sebelum menuju puncak arjuno.
Lembah Kidang – Sabana 2
Hanya memerlukan waktu sekitar 10 saja dari lembah kidang, tempat ini bisa jadi alternatif pendaki untuk ngecamp. Terdapat sumber air bersih di Sabana 2 ini.
Sabana 2 – Puncak Ogal-Agil
Jalur dari sabana 2 ini didominasi dengan alang-alang dan rerumputan. Awal perjalanan trek masih landai. Baru setelah mendekati puncak trek berubah menjadi menanjak. Membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di puncak Ogal-agil karena harus melewati 2 bukit. (dirangkum dari berbagai sumber )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.