Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Linggarjati


Gunung Ciremai adalah gunung yang terletak di Kabupaten Kuningan dan Majalengka Jawa Barat dengan Ketinggian 3.078 Mdpl. Untuk menuju ke basecamp pendakian Gunung Ciremai Linggarjati, tujuan pertama adalah terminal Cilimus. Pendaki juga bisa bertanya kepada orang sekitar tentang akomodasi menuku Desa Linggarjati. Bisa juga dengan naik ojek atau kendaraan bak terbuka. 

Pos Linggasana – Pos Cibunar 
Awal pendakian adalah dengan menyusuri jalanan beraspal sebelum memasuki kawasa hutan pinus. Setelah itu sampailah pendaki di pos Cibeunar, pos ini adalah area camp yang cukup aman buat bermalam dan terdapat sumber air yang cukup melimpah. Untuk selanjutnya tidak akan ada lagi mata air. 

Pos Cibeunar – Pos Leuweung Datar
Dari Cibeunar perjalanan akan melewati perkebunan penduduk sampai memasuki Leuweung Datar (1.200) Mdpl). Diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai sini.

Pos Leuweung Datar – Pos Kondang Amis 
Perjalanan selanjutnya masih cukup singkat, hanya 30 menit saja kita akan sampau di pos Kondang Amis. Di tempat inilah bisa untuk mendirikan tenda dengan jumlah yang cukup banyak. Ketinggian pos ini adalah 1.250 Mdpl.

Pos Kondang Amis – Pos Kuburan Kuda
Trek menuju kuburan kuda semakin sempit dan dengan rimbunnya pepohonan. Di pos dengan ketinggian 1.450 Mdpl ini juga cukup luas untuk mendirikan tenda. Waktu yang dibutuhkan adalah 1 jam dari pos kondang amis.

Pos Kuburan Kuda – Pos Pos Pangalap
Perjalan menuju pos Pangalap Juga memerlukan waktu sekitar 1 jam. Medan tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Ketinggian Pos Pangalap adalah 1.650 Mdpl.

Pos Pangalap – Pos Tanjakan Seruni
Setelah berjalan selama 1 jam dari Pos Pangalap, pendaki akan sampai di Tanjakan Seruni. trek mulai curam, ketinggian Pos Tanjakan Seruni adalah 1.825 Mdpl. Lahan di sini juga cukup luas.

Pos Tanjakan Seruni – Pos Bapa Tere
Trek selanjutnya sangat menantang dengan tanjakan yang terjal dan kejam, kata orang itulah kenapa dinamakan Bapa Tere (bapak tiri). Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam sampai pos Bapa Tere ini di ketinggian 2025 Mdpl. 

Pos Bapa Tere – Pos Batu Lingga
Pos di Ketinggian 2.200 Mdpl ini cukup sempit dan hanya muat untuk 2-3 tenda saja. 2 jam perjalan untuk mencapi pos ini dari pos sebelumnya.

Pos Batu Lingga – Pos Sangga Buana 
Selanjutnya, berjalan selama 2 jam pendaki akan sampai di Pos Sangga Buana. Pos ini cukup digemari para pendaki sebagai tempat camp. Dengan ketinggian 2.500 Mdpl, cukup dekat dengan puncak Gunung Ciremai. 

Pos Sangga Buana – Pos Pengasinan
Lumayan singkat, dengan waktu hanya 45 menit pendaki akan sampai di Pos Pengasinan dengan ketinggian 2.800 Mdpl. di Pos Ini bisa menampung banyak tenda, namun karena tempatnya yang terbuka sehingga tidak banyak yang mendirikan tenda di sini. 

Pos Pengasinan – Puncak Ciremai 
Dari Pos Pengasinan untuk menuju puncak Ciremai hanya membutujkan waktu 30 menit. View dari puncak Ciremai adalah Gunung Slemet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Latu Cirebon. (sumber referensi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.