Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Kopeng

Jalur Cunthel dan Thekelan sebenarnya berada pada satu komplek wisata Kopeng. Jalur ini sangat diminati karena keadaan alamnya yang relatif lebih Alami dari pada beberapa jalurnya seperti Selo dan Wekas. Untuk menuju kopeng pendaki bisa melalui magelang ataupun Salatiga.

Pos 1 
Awal perjalanan pendaki akan melewati perkampungan penduduk dan hutan pinus. Di pos Pending kita bisa. Yang menarik dan cukup terkenal di sini adalah Pereng Putih yang akan dilewati oleh pendaki.

Pos 2 
Hutan dengan vegetasi yang beragam akan dinikmati pendaki sambil menuju ke pos 2 ini, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam

Pos 3
Jalur mulai curam dan terbuka melewati Gunung Pertapan. Angin sedikit akan meniup kita. Di sini ada sebuah goa yang bisa dimasuki sekitar 5 orang yang diberi nama watu Gubug (biasanya untuk berlindung ketika badai. Waktu yang dibutuhkan adalah 45 menit.

Pos 4 (Pos Pemancar)
Jalur yang curam dengan pasir dan kerikil akan dilewati pendaki menuju ke pos 4 ini, dengan waktu sekitar 1 jam. Di pos 4 pendaki bisa mendirikan tenda karena tempatnya sedikit luas. Di sini sudah terlihat pemancar yang ada di Puncak Kukusan (pos Pemancar). Pos pemancar ini adalah puncak pertama di Gunung merbabu dengan ketinggian 2.896 Mdpl.

Dari sini pendaki akan sedikit menuruni lereng dan bertemu dengan persimpangan dari jalur wekas. Di bawah persimpangan ini adalah Kawah gunung merbabu (candradimuka). Pendaki bisa turun ke kawah jika menginginkannya.

Dari Kawah perjalanan akan semakin berat karena jalur yang semakin curam. Setelah itu pendaki akan melewati jembatan setan (sebuah jalan sempit dengan kanan-kiri jurang). Dan diteruskan dengan jalanan yang terjal sampai akhirnya sampai di persimpangan. Kiri menuju puncak Syarip (3119 MDpl) dan ke kanan menuju ke puncak Kentheng Songo (3142)

Dari puncak Kentheng Songo akan terlihat dengan jelas Gunung Merapi dengang kepulan sulfataranya. Dan di barat Gunung Sumbing sindoro. Kelihatan dengan jelas dan indah.

Via Cunthel 

Pos bayangan 1
Setelah meninggalkan perkampungan penduduk jalur akan langsung menanjak dengan pemandangan hutan pinus. Di pos ini pendaki dapat berteduh, karena jika memulai pendakian di siang hari akan sangat panas.

Pos Bayangan 2
Sekitar 30 menit pendaki akan sampai di pos bayangan 2 yang juga terdapat tempat untuk berteduh.
Dari pos bayangan ini pendaki akan memasuki area terbuka yang banyak ditumbuhi dengan alang-alang. Setelah berjalan sekitar 3-4 jam pendaki nanti akan bertemu dengan jalur dari Cunthel di Pos Pemancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.