Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Pendakian Gunung Merbabu termasuk pendakian yang sangat ramai di Jawa tengah khususnya. Banyaknya tempat-tempat yang menarik di jalurnya membuat pendaki menyukai Gunung dengan dengan ketinggian 3142 Mdpl ini. jalur pendakian Gunung Merbabu sendiri ada 4, Jalur Wekas, Jalur Kopeng, Jalur Selo dan Jalur Suwanting .
Pendakian jalur Wekas adalah jalur yang paling mudah dari kota Magelang. Dari terminal magelang jika menggunakan angkutan umum pendaki bisa naik bus jalur kopeng dan turun di wekas. Jarak basecam dari Wekas masih sekitar 2 KM. Bisa naik ojek ataupun jalan kaki dengan pemandangan hutan pinus disekelilingnya, perlu waktu sekitar 1 jam untuk sampai di basecamp. Basecamp Pendakian merbabu Jalur wekas ini ada beberapa tempat yang bisa digunakan oleh pendaki untuk istirahat.
Pos 1
Awal perjalanan pendaki akan melewati beberapa rumah penduduk, sudah banyak petunjuk untuk diikuti. Trek awal adalah jalan yang sudah disemen dan cukup curam. Setelah 5 menit berjalan pendaki akan sampai di sebuah kuburan yang mirip rumah. Dan dari sinilah mulai memasuki hutan. Pos 1 sendiri hanya sepetak tanah kecil dengan papan petunjuk. Dulunya jalur pendakian melewati jalur punggungan bukit dan di pos 1 yang lama terdapat air terjunya.
Pos 2
Vegetasi sangat didominasi dengan pepohonan pinus, ini menjadikan sedikit membosankan. Tapi disinilah tantangannya. Setelah satu jam berjalan vegetasi mulai berubah ke poho-pohon lamtoro. Pendaki juga akan menemui pipa air yang digunakan untuk keperluan penduduk. Ini juga bisa sebagai petunjuk menuju pos 2. Kira-kira 2 jam perjalanan dan pendaki sampai di pos 2. Pos ini adalah pos yang sangat luas dan terdapat sumber air yang melimpah. Karena itu ini adalah pos favoritnya pendaki. Namun jika camp di pos 2 ini, untuk mencapai puncak masih teramat jauh.

Pos 3
Jalan menuju ke pos 3 ada di sebelah kiri dan sudah ada petunjuk jalan. Vegetasi masih didominasi dengan pohon lamtoro dengan trek yang semakin curam. Untuk mencapai pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan santai. Pos 3 tempatnya sangat terbuka. Ini adalah pertemuan antara jalur Kopeng. Di sebelah kiri akan terlihat pos pemancar dan didepan adalah puncak syarip. Karena tempatnya yang tidak terlalu luas hanya muat beberapa tenda saja. Kalau pendakian sedang ramai kemungkinan besar tidak akan kebagian tempat.
Untuk menuju puncak adalah mengambil arah kanan, kemudian dilanjutkan dengan melewati jembatan setan (sebuah jalan sempit dengan kanan kirinya adalah jurang) setelah itu jalan akan menanjak di watu tulis. Dan ujung jalan ini adalah persimpangan ke puncak Syarip (kiri) dan Puncak Ketntheng Songo (kanan). Untuk menuju puncak tertinggi (kentheng Songo) masih dibutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam.
Kentheng Songo adalah puncak utama dengan  ketinggian 3142 Mdpl. dari sini merapi akan terlihat sangat indah. di barat akan nampak Gunung Sumbing dan Sindoro juga Gunung Slamet. Gunung Lawu juga terlihat dari sini. Sunrise dari puncak Kentheng Songo ini sangat indah jika kita bisa sampai di tempat ini sebelumnya.