Jalur Pendakian Gunung Raung via Kalibaru

Untuk mencapai Kalibaru dapat diakses dengan mengguanak kereta api dari banyuwangi ke Stasiun kalibaru. Pendaki bisanya naik ojek menuju basecamp. Mendaki Gunung Raung via Kalibaru tidak perlu izin khusus, kita dapat melakukan perizinan dan lapor di polsek Kalibaru atau para pendaki biasa bertemu dengan Pak Soeto(Basecamp Pendaki). Di rumah Pak Soeto kita dapat menginap dan mencari info-info terkait Puncak Sejati Raung.

Basecamp – Pos 1
Awal pendakian Gunung Raung adalah dari basecamp, dilanjutkan dengan menyusuri perkebunan kopi yang cukup membuat lelah. Alternatifnya adalah dengan menggunakan jasa ojek sampai di pos 1. Di sebelah kiri jalur menuju pos satu ini ada smber air terakhir yang bisa diambil.

Pos 1/ Pos Gareng – Pos 2 
Selepas dari  pos 1 pendaki  akan memasuki kawasan hutan yang masih lebat. Banyak semak berduri , trek yang dilalui sedikir menanjak namun cenderung datar. Diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk sampai di pos 2. Pos 2 ini tempatnya paling luas di sepanjang jalur pendakian dengan ketinggian 1431 Mdpl.

Pos 2/ Pos Semar – Pos 3 
Dari Pos 2 ini jalur mulai menananjak mennyusuri punggungan. Jalan sedikit sempit dengan banyak tanaman berduri. Untuk mencapai pos 3 memerlukan waktu sekitar 1 jam. Pos 3 ini tidak begitu luas dan hanya bisa untuk mendirikan tenda 1-2 buah.  Ketinggian pos 3 ini 1656 Mdpl.

Pos 3 – Camp 4
Trek sedikit landai selepas dari pos 3 ini  hingga menemui turunan dan berganti punggungan. Dan setelah itu akan dihadapkan dengan tanjakan yangcukup melelahkan. Waktu tempuh dari pos 3 ke pos 4 sekitar 2 jam dan ketinggian pos 4 adalah 1855 Mdpl.

Pos 4 – Pos 5
Masih berada pada punggungan yang sama namun dengan jalan yang lebih terjal, dengan masih didominasi dengan tanaman berduri. Diperlukan waktu sekita 45 menit untuk melewati rute ini. Seperti pos-pos sebelumnya, di sini juga kurang begitu luas untuk mendirikan tenda. Ketinggian pos 5 2115 Mdpl.

Pos 5 – Pos 6
Kehati-hatian diperlukan selepas dari pos 5. Rute ini tidak terlalu panjang dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk tiba di pos 6. Area camp di pos 6 ini berundank-undak sebanyak 3 undkan. Pos 6 terletak di ketinggian 2285 Mdpl

Pos 6 – pos 7 
Pendakian akan semakin berat karena mendakati puncak Gunung Wates yang treknya semakin terjal damn jalur yang semakin terbuka sehingga membuat udara semakin dingin. Sekitas 45 menit kita akan tiba di pos 7. Area di pos ini cukup luas dan muat untuk 3 tenda.  Dari pos 3 pemandangan akan tampak indah dengan pemandangan puncak gunung  Wates. Selain itu edelweis juga bisa kita jumpai . tanah di pos 7 ini rawan longsor sehingga pendaki diharapkan untuk berhati-hati  jika ingin camp di sini. Ketinggian pos 7 ini adalah 2541 Mdpl

Pos 7  – Pos  8 
Kebanyakan pendaki bermalam di pos 7 dan summit attack di pagi harinya. Barang-barang bawaan ditinggal di pos 7, dari sini peralatan yang harus dibawa adalah peralatan khusus ke puncak (tali, carabiner, harness dll). Selama 45 menit dengan trek yang terjal pendaki akan menuju puncak gunung wates dan dilanjutkan melipir punggungan yang tipis di pinggir jurang, setelah 2 jam waktu total maka pendaki akan sampai di pos 8 dengan ketinggian 2876 Mdpl.

Pos 8 – Pos 9 
Jalur terjal dengan vegetasi yang masih rimbun, selama 1 jam maka pendaki akan sampai di pos 9 yang merupakan pos terakhir sebelum puncak di ketinggian 3023 Mdpl.

Camp 9 – Puncak Bendera/Puncak Kalibaru 
Setelah sampai di batas vegetasi sepuluh menit kemudian pendaki akan sampai di puncak bendera (puncak kalibaru) dengan ketinggian 3145 Mdpl. Pemandangan puncak yang luar biasa akan terlihat mulai dari sini. Tampaklah puncak 17 yang mirip piramid, puncak tusuk Gigi, dan Punak Sejati Gunung raung. Untuk mencapai puncak Sejati Gunung Raung diperlukan peralatan pemanjatan  dikarenakan medan yang ekstrim.
Berikut beberapa peralatan yang harus dipersiapkan :
1. Tali Kern 30m, Carrabiner, Webbing, Harnezt, Ascender, Helm, Jumar, Tali prusik.
2. Skill Teknis : Anchoring, Ascending, Belaying, descending Rappeling, Moving together. Minimal dalam team harus ada yang menguasai sehingga bisa jadi leader buat teman-temannya.
3. Motivasi Team : doa, keselamatan adalah utama, saling dukung dan saling melengkapi.
4. Logistik Team : Makanan, air minum, alat tambahan: kamera, GPS.

Demikian gambaran mengenai jalur Pendakian Gunung Raung. Sebaiknya persiapkan semua perlengkapan dan peralatan dengan baik serta logistik yang memadai sebelum mendaki. Sangat disarankan untuk memabawa orang yang mengenal medan dan mengusai teknik pemanjatan dan tali-temali. (sumber: http://www.pecintaalam.net/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.