Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan
Jalur pendakian Gunung Slamet ada 4, jalur pendakian standar adalah dari Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jalur populer lain adalah dari Baturaden dan dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Selain itu adapula jalur yang baru saja diresmikan tahun 2013 lalu, yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang juga Via Guci
Jalur Pendakian Via Bambangan 
BASECAMP – POS 1 Pondok Gembirung 
Setelah beberapa menit dari basecame pendaki akan menemui sebuah Gapura selamat datang Bagi pendaki Gunung Slamet. dari sinilah perjalanan dimulai. Tak jauh dari gerbang itu pendaki harus berlok ke kanan dan mensyusuri ladang penduduk. Tak lama kemudian pendaki akan memasuki pintu hutan dengan tanaman mayoritas Pohon Pinus. Jarak menuju pos 1 (Pondok Gembirung) masih harus ditempuh sekitar 1,5 jam dari sini.
POS 1 – POS 2 Pondok Walang 
Trek dari pos 1 menuju Pos 2 (Pondok Walang) lumayan cukup menanjak. Tapi dengan rimbunnya pohon dan jarak yang tidak kurang dari 1 Kilometer, membuat jalur ini tidak terlalu sulit untuk dilalui. Lahan cukup datar di kanan dan kiri jalur pendakian untuk bisa mendirikian beberapa tenda.
POS 2 – POS 3 Pondok Cemara 
Dari Pos 2 jalanan kembali menyempit kanan-kiri  banyak semak-semak. Ketika hujan jalan di trek ini akan menjadi cukup licin. Sekitar satu jam perjalanan kita akan sampai ke pos tiga.
POS 3 – POS 4 Pondok Samaranthu 
Trek masih didominasi vegetasi hutan di kanan kiri. Di Pos empat ini sangat jarang untuk camp. Tempat ini juga terkenal angker, Samaranthu artinya adalah hantu tidak terlihat.
POS 4 – POS 5 Samyang Rangkah
Mendekati Di pos ini pendaki dapat mengambil air di tempat yang tidak jauh dari podokan pos. Di pos ini kita bisa memanfaatkan pondok yang terbuat dari seng sebagai tempat istirahat, tentu kalau belum penuh oeleh pedaki yang lain.
POS 5 – POS 6 Samyang Jampang 
Jarak dari pos 5 ke pos 6 hanya 30 menit saja. Biasanya pendaki akan langsung menuju ke pos tujuh yang jaraknya tidak jauh lagi.
POS 6 – POS 7 Samyang Kendil 
Pos tujuh ini adalah tempat favorit untuk mendirikan tenda. Ada sebuah gubuk di pos 7 ini. Jarak dari pos ini menuju puncak sudah tidak jauh lagi sekitar 2 Jam perjalanan.

POS 7 – POS 8 
Pos ini tempatnya sedikit terbuka dengan kemiringan yang curam. sebaiknya langsung menuju ke pos 9 (Plawangan/Batas Vegetasi). Namun kalau mau lebih nyaman sebaiknya camp di pos 7

Pos 8 – Pos 9 (Plawangan)
Hanya berjalan sekitar 15 – 30 menit untuk bisa mencapai di pos 9 (batas vegetasi). muat sekitar 6 tenda ukuran 3 orang. Tempatnya sedikit terbuka hanya dengan beberapa tanaman saja. ketinggian pos 9 ini adalah 3250 Mdpl. Untuk ke puncak tinggal membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Puncak Slamet/ Bibir Kawah

Perjalanan selanjutnya akan menjadi lebih berat, Dari batas vegetasi jalur menuju puncak adalah batuan dengan kemiringan yang sangat curam. Setelah sampai di ujung jalur, untuk menuju ke kawah adalah dengan berbelok ke kiri menuruni sisi lereng. dari sini Dari puncaknya pendaki bisa melihat Gunung Sindoro, Gn Sumbing, Gn Merapi, Gn Merbabu. Yang harus diperhatikan adalah bahwa batas aman di puncak adalah sampai jam 10 siang. Karena ketika siang hari kabut akan menyulitkan pendaki, terutama ketika turun menuju batas vegetasi.

Hubungi Basecamp untuk mengetahui kondisi terbaru Gunung Slamet sebelum pendakian.

Untuk menuju ke Bambangan adalah Melalui terminal Purwokerto. Dilanjutkan dengan naik bus ke Terminal Purbalingga kemudian bus tujuan bobotsari dan turun di Serayu. Atau bisa juga pangkalan ojek Bambangan. Jarang sekali angkutan dari sini, bisa dengan bak terbuka atau bisa menggunakan ojek yang biasa mangkal di pertigaan, dan langsung menuju basecamp Gunung Slamet (Pondok Pemuda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.