7 Alasan Orang Mendaki Gunung

7 Alasan Orang Mendaki Gunung

Apa alasan orang mendaki gunung ? … apa yang didapat dari naik gunung ? pertanyaan sinis yang sampai saat ini masih terlontar. dan memang itu tidak mudah untuk dijawab apalagi dimengerti sama yang nanya, terutama bagi orang yang logikanya segede kebo…

Ada sih yang berpendapat jawabanya tak lain harus diajak sendiri ke gunung, seperti kata H. Mallory “Because it’s There”. tapi apakah mau ? tentunya orang yang nyinyir kayak gitu tidak akan mau dengan entengnya bilang ya ! daripada pusing mending ndak usah diladeni hehe. toh kalau mau, rata-rata orang seperti ini akan kapok kalau diajak naik gunung. lalu sebenarnya apa yang membuat mereka yang hobi jadi  ketagihan naik gunung.

  1. Rasa penasaran. dorongan yang kuat mendorong untuk naik gunung adalah rada penasaran. apalagi di jaman sekarang yang orang dengan mudah membagi gambar-gambar tentang indahnya pemandangan digunung. terprovokasi itu lama-lama juga merengek-rengek minta diajak naik gunung.
  2. Hobi Foto. ini ada dua macem.. yang pertama memang karena seorang fotografer. ke gunung juga sekalian hunting foto. yang kedua, fenomena yang lagi marak, apalagi kalo bukan selfie. ini yang akhir-akhir ini membuat gunung makin rame.
  3. Pendaki Sejati. ini yang masih saya cari tahu alasan para senior-senior pendaki untuk terus mendaki. dan tentu jawaban mereka bermacam-macam dan tidak ada yang singkat. pasti penuh dengan filosofi.
  4. Tempat Refreshing Tingkat Tinggi. Bukan hanya karena ketinggiannya tapi gunung bisa membuat kesegaran psikologis yang baik. kepenatan kota dengan berbagai macam keruwetan membuat otak ikutan ruwet… dan jika pengen refreshing yang bener-bener ya di gunung. merasakan pengalaman tanpa sinyal selama beberapa hari adalah ketenangan yang kini susah sekali didapat, dan gununglah tempatnya mencari hal itu. memang sinyal ada tapi kan di tempat2 tertentu saja.
  5. gunung adalah wilayah netral… inilah alasan saya dulu tertarik dengan gunung. kenapa saya sebut sebagai wilayah netral ? di sini orang tidak ada yang membawa statusnya kemari. uang tidak ada artinya, karena itu rasa saling bergantung satu sama lain jadi lebih erat, kehabisan bekal meski bawa duit ndak ada orang yang jual makan. yah… kecuali di gunung lawu hehe..
  6. Gunung Sebagai Tempat Belajar… Belajar tentang kehidupan ! tempat penempaan mental, belajar arti kesabaran. Meskipun menurut saya, kesabaran itu ya hanya bisa dipelajari dalam kehidupan sebenarnya. orang yang yang hobi mancing juga bilang kalau mancing bisa melatih kesabaran. begitu pula orang yang suka mendaki gunung. Tapi memang ada bedanya kesabarannya pendaki gunung sama pemancing.
  7. Mendaki Untuk Olahraga. Sudah tidak ditannya lagi kalau ini, selama itu aktivitas untuk menghasilkan keringat ya itu olahraga hehe. kedua masalah bakar lemak di Gunung jelas jagonya. sehari semalem kalau cuma 1-2 Kg pasti turun berat badannya.

Itulah beberapa hal yang bisa mendorong orang untuk mendaki gunung. Pastinya masih banyak alasan-alasan lainnya, karena setiap orang pasti memiliki alasannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.