Drone ini mampu terbang mencapai ketinggian 1500 meter.

Dalam dunia aeromodeling piranti ini sebenarnya telah lama dikenal dan dipergunakan dalam berbagai kegiatan. Bahkan di tanah air banyak penelitian dan pengembangan mengenai drone ini. seiring perkembangannya kemampuan drone inipun semakin meningkan dan beradaptasi dengan teknologi gadget masa kini.

Untuk mengoperasikan drone ini tidak sesulit yang dibayangkan. Kebanyakan drone sudah dilengkapi dengan GPS. Pengguna bisa menggunakan fitur otomatis, drone akan terbang sesuai dengan yang telah direncanakan. Tak perlu kehabisan batre karena secacara otomatis drone akan kembali ke tempat semula.
Namun secanggih-canggihnya alat pasti ada juga kelemahannya. Drone tidak boleh beroperasi di dekat area yang banyak jaringan nirkabel (wifi) ini dikarenakan drone juga menggunakan frekwensi yang sama yaitu 2,4 GHz. Yang mana hal itu bisa menggangu pengoperasian drone. Ditambah lagi kebanyakan drone tidak bisa terbang lebih tinggi dari 500 meter.
Apa yang dilakukan seseorang di kota Samsun Turki ini membuat para pangunjung youtube tercengang.Drone yang dia operasikan berhasil mencapai ketinggian 1500 Meter atau 4921 Kaki. Video ini diunggah ke youtube pada 24 September 2014 dan sudah dilihat sebanyak 376.140 kali.
Jenis drone yang dioperasikan adalah DJI Phantom 2, model qudcoper (drone dengna empat rotor). Drone ini lepas landas dari sebuah jalanan yang sepi. sedetik kemudian terdengar suara desingan dan pemandangan di layar mulai memperlihatkan suasana sepi kota samsun ini, yang mana artinya drone ini mulai bergerak ke atas.
Mulai detik ke 20 drone mulai bergerak dengan pelan. Disamping suara desingan rotor seperti terdengar suara angin yang mulai kencang, ini karena lokasi pengoperasian di pinggir pantai yang tentunya angin berhembus dengan kencang. Sesekali operator menggerakkan angle kamerannya untuk memotret beberapa sudut kota.
Untuk beberapa saat kamera diarahkan ke bawah di mana nampak kendaraan yang tengah melintasi jalanan kota samsun. Dan sesaat kemudian ketika kamera diarahkan ke depan tampaklah garis pantai dengan awaan yang sedikit kegelapan.
Mulai pada menit ke 2 mulai tampaklah sinar matahari yang semula tertutup awan. Pesawat mini inipun sudah berada di atas awan. Tidak jelas berapa ketinggian yang sudah dicapai karena tidak ditampakkan di monitor. Namun terlihat kota Samsun makin kecil dan awan juga sudah mulai terlihat di bawah horison. Sesekali kamera diarahkan ke bawah.
Di menit kelima terdengar desingan rotor (baling-baling) mulai tidak stabil, terkadang terlihat di kamera lengan drone ini sendiri. Sepertinya pesawat ini tengah menghadapi terjangan angin yang sangat kencang.
Menit delapan drone seperti oleng, namun operator masih sesekali mengubah posisi kamera untuk memperlihatkan seberapa jauh pesawat ini dari tanah. Mendekati menit kesembilam suara rotor sangat menakutkan seperti sepertinya inilah batas kemampuan drone ini.
Mendekati menit sepuluh terlihat dari sudut kamera, drone ini mulai bergerak ke bawah. Masih dengna mempertahankan posisinya drone perlahan mulai bergerak turun. Sedikit lebih cepat dari ketika ke atas.
Menit 11:26 operator mulai terlihat keluar dari balik pepohonan dengan empat orang temannya. Mereka tampaknya puas dengan aksi mereka ini. terlihat salah satu dari mereka membawa kamera untuk mengabadikan pendaratan drone ini.
Beragam komentar dalam video dengan durasi 11 menit 41 detik ini. Ada yang sangat kagum dan menanyakan bagaimana dia bisa mencapai ketinggian maksimumnya. Beberapa juga menyarankan beberapa saran. Namun ada juga yang mengingatkan betapa berbahayanya aksi yang dia lakukan tersebut.
Penasaran seperti apa pemandangannya langsung saja putar video dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.