Gunung Soputan Meletus

Gunung Soputan Meletus
Gunung Soputan, Gunung yang berada di perbatasan Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara ini pada tanggal 4 Januari 2016 statusnya dinaikkan menjadi SIAGA. Masyarakat di larang untuk berktifikas dalam radius 6,5 kilometer dari puncak gunung ini.Asap kelabu tebal  setinggi 2.000 meter condong ke Tenggara. Lava pijar menuruni lereng gunung bagian timur dan suara gemuruh dari arah puncak gunung.
Masyarakat belum perlu mengungsi. Permukiman masih jauh di luar dari radius yang dilarang. BPBD Kabupaten Minahasa Tenggara masih melakukan koordinasi terkait dengan antisipasi yang harus dilakukan. Hujan abu tipis terjadi di beberapa daerah seperti di Langowan di Minahasa. BPBD masih melakukan pemantauan daerah yang hujan abu vulkanik.
Letusan kali ini merupakan letusan yang paling besar dalam beberapa tahun terakhir ini. meski demikian masyarakat di Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tetap beraktivitas normal.
Gunung paling aktif di Sulawesi ini tercatat meletus pada , 2005, 2007, 2008,2011 dan 2012. Tipe erupsi dari Soputan adalah ledakan, kubah lava, aliran piroklastik, dan aktivitas strombolian.Selain Soputan, ada tiga Gunung lainnya yang juga dalam Status siaga, Bromo, Karagetang dan Lokon.
Gunung Soputan mempunyai  ketinggian 1.870 mdpl dengan 2 Puncak yang dikenal dengan puncak besar dan puncak kecil. Seperti kebanyakan gunung berapi aktif, di puncaknya didominasi dengan batu dan pasir.
Tapi di lereng-lerengnya yang hijau terdapat beragam tanaman dan hewan yang cukup menarik. Diantaranya, Edelweis, Kantung Semar, pinus, Strawberry hutan dan buah klenten. Untuk satwanya babi hutan  adalah yang paling mencolok di Gunung Soputan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.