Hiburan atau liburan

Teknologi berinovasi setiap hari. Semua produk dari keperluan kehidupan sehari-hari hingga media informasi. Segala pekerjaan sekarang menjadi lebih mudah di jaman informasi yang serba cepat ini. Meskipun secara kasat mata tidak begitu kita rasakan akan peningkatan ekonomi. Dan akhirnya pola pikir manusia ikut berubah, layaknya dengan smartphone yang multitasking. Manusia juga ingin mengerjakan berbagai macam perkerjaan dalam sekali waktu. Dengan berbagai macam alat yang dimilikinya berharap menyelesaikan setiap pekerjaannya. Namun karena keterbatasan manusia itu sendiri kadang tidak semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan sempurna bahkan tak banyak juga menjadi amburadul. Tak ayal semua itu akhirnya berakibat secara psikis kepada si manusia itu. Salah satunya stres, dengan berbagai tingkatnya. Manusia sebenarnya sudah terprogram secara alamiah atau yang disebut dengan fitrah. Adalah semacam hukum alam layaknya sebuah mesin juga perlu pendinginan sekali waktu.  

Yang terjadi sekarang adalah manusia sudah jauh memaksakan diri atau secara tidak sadar jauh dari dari fitrahnya tersebut. Dengan berbagai kegiatannya yang padat, otomatis membutuhkan waktu yang lebih banyak. Waktu malam yang seharusnya dipergunakan untuk istirahat akhirnya dihabiskan untuk bekerja. Akibat jangka panjangnya adalah tubuh tidak kuat dan muncullah berbagai macam penyakit. Akhirnya manusia di jaman ini diharuskan untuk pintar mengatur waktu dan memilih prioritas. Kapan waktu untuk istirahat kapan untuk bekerja. Dan juga yang tak kalah penting adalah hiburan. Hiburan itu penting, terlebih untuk mengurangi stres. Karena kelelahan dari sisi psikis akan berakibat dengan fisik namun tidak berlaku sebaliknya dimana kelelahan fisik mempengaruhi psikis.

Hiburan diperlukan untuk menyegarkan kembali pikiran. Berbagai macam hiburan saat ini sangat banyak ditawarkan. Di televisi porsi untuk hiburan bahkan mencapai sekitar 90%. Beragam acara ditayangkan 24 jam nonstop. Mulai acara musik, film atau olahraga. Kita hanya perlu duduk-duduk ataupun berbaring untuk menikmati acara televisi, tentunya juga kita dapat bonus iklan yang tidak ada habis-habisnya. Juga resiko ketergantungan dengan sinetron atau drama berseri, sangat kecewa sekali ketika terlewatkan satu kali saja.

Acara olahraga, khususnya acara live dari belahan bumi yang punya perbedaan waktu dengan kita. Rela untuk bangun malam atau bahkan tidak tidur untuk menyaksikan suatu pertandingan. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, hiburan tetaplah menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia modern ini. Dari dulupun memang sudah seperti itu. Seni juga lahir sebagai hiburan untuk manusia. Cuma bedanya cara mengakses hiburan itu saja yang berbeda dari waktu kewaktu. Jaman dahulu ketika akan nonton pertunjukan wayang orang harus datang ke tempat pertunjukan itu digelar. Namun sekarang hanya tinggal pencet tombol chanel TV. 

Game juga bisa menjadi sarana hiburan. Handphone saat ini bahkan ada yang memfungsikan 50% kapasitasnya untuk bisa digunakan untuk memainkan berbagai macam permainan. Mulai yang sederhana sampai dengan game online yang berbayar. Di tempat-tempat umum banyak dijumpai orang-orang asik bermain game sambil menunggu antrian atau sekedar mengisi waktu. 

Rekreasi luar ruangan juga menjadi tak kalah ramainya. Dari aneka arena hiburan yang menyuguhkan wahana bermain yang menarik  sampai dengan yang bertema alam lengkap dengan outbond. Kini semua bisa diakses dengan sangat mudah.  

Masalah yang kemudian muncul adalah kebanyakan orang tidak bisa membagi waktunya dengan bijak. Kapan waktunya untuk mendapat hiburan dan kapan waktunya untuk istirahat. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar memilih jenis hiburan yang akan nikmati agar hiburan itu membuat kita makin stres. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.