Cara packing barang untuk mendaki

Dalam mendaki gunung packing merupakan suatu seni yang harus dikuasai. Tujuan dari seni packing ini adalah untuk efisiensi peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa. Walaupun barang yang dibawa cukup banyak namun bisa ditampung semuanya ke dalam ransel, nyaman dan tidak merepotkan saat dipakai selama dalam perjalanan.

  • Barang paling ringan berada pada dasar carrier (tas), hal ini berujuan agar beban tidak membebani pinggul yang mana menyebabkan susah untuk bergerak dan cepat lelah. Dalam perjalanan kaki diupayakan agar bisa melangkah dengan ringan. 
  • Barang-barang berat juga diupayakan dekat dengan punggung. Tujuannya agar beban tidak menarik badan ke belakang, melainkan cenderung mendorong badan ke arah depan. Sehingga tenaga tidak habis untuk menahan beban barang bawaan kita. 
  • Berat sisi kanan dan kiri juga harus diusahakan seimbang, beban yang tidak seimbang akan menyebabkan pundak menjadi sakit. Hal ini juga akan mengganggu keseimbangan kita ketika berjalan.
  • Pilih dan gunakanlah ransel/carrier sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Jangan memaksakan dengan membawa beban yang terlalu berat karena akan menyusahkan anda sendiri saat di perjalanan nantinya.
  • Matras bisa dimasukkan ke dalam carrier, ini berguna agar lebih mudah untuk menyusun barang juga menjaganya agar tetap rapi. Kalau perlu masukkan matras kedalam trashbag apalagi kalau musim hujan, meskipun carrier sudah anti air dan juga tertutup coverbag namun terkadang ada beberapa celah yang mana air masih bisa masuk. 
  • Kelemahan ketika matras ditaruh didalam carrier adalah ruang menjadi berkurang. Tentu pertimbangannya adalah medan mana yang akan kita lalui. Jika medan dengan vegetasi yang lebat ini akan lebih efektif. Menaruh matras di luar akan mengganggu perjalanan disamping matras juga akan kotor. Kelompokkan barang yang sejenis ke dalam tas plastik sebelum dimasukkan ke dalam carrier. Ini akan membuat packing menjadi lebih cepat dan memudahkan kita mengambil barang yang akan digunakan.
  • Selain berdasar berat, barang juga dipertimbangkan mengenai waktu penggunaan. Barang-barang yang vital seperti jas hujan, kotak P3K hendaknya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Bawalah barang yang mempunyai fungsi ganda dan sebisa mungkin terbuat dari bahan yang ringan dan tidak mudah pecah. Manfaatkan ruang-ruang kosong untuk menghemat tempat seperti nesting untuk menyimpan beras atau bahan makanan yang lainnya.
  • Selalu siapkan kantong plastik, selain untuk cadangan sewaktu-waktu digunakan ini juga untuk menampung sampah selama perjalanan. Masukkan semua barang kedalam carrier atau tas. Hindari menenteng barang bawaan selama perjalanan yang membuat tangan tidak bebas bergerak.
  • Demikian sedikit tips mengenai cara menata barang, semoga bermanfaat. 

One thought on “Cara packing barang untuk mendaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.