12 Gunung di Jawa Tengah

Wisata alam khususnya pendakian Gunung saat ini tengah marak. bahkan banyak Gunung-gunung yang semula tidak dilirik akhirnya menjadi populer. Sebeneranya berapa Jumlah gunung di Jawa Tengah itu ? Simak saja 12 daftar Gunung di Jawa Tengah berikut ini.

1. Gunung Slamet

Merupakan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428. Menjadi Perbatasan antara kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga dan Pemalang. Gunung Slamet adalah Gunung Berapi aktif dengan tipe letusan Strombolian, letusan terakhir adalah pada 2014.

sumber gambar:sindonews.com

2. Gunung Sumbing

Menjadi pembatas antara kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo Gunung ini mempunyai ketinggian 3.371 Mdpl. Jalur pendakian yang populer adalah melalui Garung, Wonosobo.

3. Gunung Lawu 

Gunung Ini terletak antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung yang sangat ramai ketika malam 1 Suro (penanggalan Jawa) ini punya 3 puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah sebagai puncak tertinggi dengan ketinggian 3.265.

4. Gunung Sindoro

Terbagi manjadi wilayah administrasi Kabupaten Wonosobo dan Temanggung Gunung dan sekaligus menjadi Tetangga dekat Gunung Sumbing. Denga tipe letusan freatik Gunung ini masih mengeluarkan lumpur dan gas sulfatara hingga saat ini di puncaknya 3.153 Mdpl

5. Gunung Merbabu

Gunung favorit ini sangat populer dengan keindahan sabananya, mempunyai 3 puncak Puncak Syarip, Puncak Triangulasi dan Kentheng songo sebagai puncak tertinggi dengan Ketinggian 3.142 Mdpl.

6. Gunung Merapi 

Gunung Paling aktif ini mempunyai ketinggia 2913 per 2016 terletah diantara 4 kabupaten, Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten. Aktivitas terakhir adalah pada 2010 sekaligus sebagai letusan terbesar dalam kurun satu dekade ini.

7. Gunung Prahu (Dieng)

Gunung ini terletak di kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Gunung yang tengah populer ini punya view yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Ketinggian puncaknya adalah 2.565 Mdpl.

sunrise dari puncak prau

8. Gunung Rogojembangan

Tidak begitu populer Gunung Dengan ketinggian 2.117 Mdpl ini. Terletak di kabupaten pekalongan dan Banjarnegara Gunung ini mempunyai hutan yang masih Alami dengan kantong semar yang manjadi tanaman khasnya.

sumbergambar:http:fahrikhusaini.blogspot.co.id

9. Gunung Ungaran 

Ketinggian gunung Ungaran adalah 2.050 Mdpl. daya tarik Gunung ini adalah karena beberapa spot seperti Kebun Teh dengan kampung Promasan yang unik. Juga candi Gedong Songo sebagai peninggalan budayanya

sumber gambar:wisatasemarang.com

10. Gunung Telomoyo

Terletak di Kabupaten Magelang dan Semarang dengan Ketinggian 1894, tidak memiliki jalur trekking dan bisa mengendarai sepeda motor atau mobil sampai puncaknya. Di puncaknya terdapat berbagai macam relay pesawat radio dan juga milik telkom.

sumber gambar:dimassuryo.wordpress.com

11. Gunung Andong

Gunung ini mulai populer semenjak postingan seseorang melalui media sosial sekitar 3 tahun yang lalu. Dengan ketinggian 1726 Gunung ini mempunyai pemandangan yang cukup menarik dengan puncaknya yang mirip dengan punuk sapi.

12. Gunung Muria

Membatasi Jepara, kudus dan Pati dengan ketinggian 1.602 Mdpl Gunung ini mempunyai banyak sekali spot menarik untuk dikunjungi. Puncaknya sendiri juga sangat indah seperti puncak Songolikur, Candi Angin, Argowilogo, Argojembangan dan Abiyoso.

Itulah 12 Gunung yang ada di Jawa Tengah. Semoga berguna…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.