12 Taman Nasional di Pulau Jawa yang harus dikunjungi

Berpetualang merupakan kegiatan yang dapat menyegarkan fisik dan Rohani. Salah satu di antaranya adalah dengan mengunjungi Taman Nasional. Selain juga rekreasi tentunya juga sebagai sarana belajar tentang keragamanan Tumbuhan dan juga satwa. Berikut ini adalah 12 Taman Nasional yang ada di Pulau Jawa.

1. Taman Nasional Ujung Kulon 

Ujung kulon termasuk dalam wordl Heritage Sites di UNESCO. Banyak sekali tumbuhan langka yang dilindungi, dan juga satwa utamanya adalah Badak jawa. 
Ada beberapa Obyek yang dapat dikunjungi :
Tamanjaya dan Cibiuk, Pantai Kalejetan, Karang Ranjang dan Cibanawoh,Pulau Peucang, 
Karang Copong, cidaon, Citerjun, Ciujungkuolon, Cibunar, Tanjaung Layar dan Ciramea, Pulau Handeuleum, Sihandeuleum dan Cigenter. Pulau Panaitan, dan Gunung Raksa.
-Sumber Gambar: suara.com-

2. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu tentu menawarkan pesona lautnya yang beraneka ragam. Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah perwakilan pelestarian alam bahari di Indonesia. Pulau-pulau di kepulauan seribu. Terdapat sekitar 78 pulau, dan kebanyakan dari pantai-pantainya dipenuhi dengan tanaman bakau. 
Untuk mencapai lokasi bis melaluii Marina Jaya Ancol setiap hari ada kapal khusus melayani pengunjung yang ingin melihat obyek-obyek wisata bahari, dengan waktu tempuh antara 1-2 jam. Atau dari Muara Angke ke Pulau Pramuka menggunakan kapal fery sekitar 2,5 jam.
Obyek :
Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Kelapa dan Pulau panggang. Di tempat ini bisa mengamati penangkaran penyu dan juga wisata bahari.
-Sumber Gambar: wisataindonesia.co.id-

3. Taman Nasional Gunung Halimun 

TMG. Halimun mewakili tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah. Beberapa tumbuhan langka terdapat di gunung ini. Terdapat juga sekitar 75 anggrek. Terdapat juga satwa yang ada dalam cerita anak-anak, kancil. Beberapa burung juga menetap di taman Nasional ini. 
Obyek :
Curug Cimantaja, Curug Piit, Curug Cipamulaan Curug Sihanyar, Curug Citangkolo. Dan juga penjelajahan Hutan.
-Sumber Gambar: inisukabumi.com-

4. Taman Nasional Gede Pangrango

Sebagai salah satu Taman Nasional yang paling awal, Taman nasional ini banyak dihuni beberapa spesies burung yang unik. Taman Nasional ini juga ditetapkan sebagai cagar Biosfer oleh UNESCO
Obyek :
Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Kandang Batu dan Kandang Badak, Puncak Gede dan Pangrango, Alun-alun suryakencana, Gunung Putri dan Selabintana.
-Sumber Gambar: 1001wisata.com-

5. Taman Nasional Gunung Ciremai

Termasuk dalam wilayah kabupaten Kuningan dan Majalengka. Terdapat fauna yang langka seperti Macan Tutul, Surili, Lutung Budeng, kukang Jawa dan juga kijang muncak

6. Taman Nasional Karimunjawa

Merupakan gugusan pulau yang mempunyai tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah hutan pantai, hutan mangrove dan terumbu karang. Terdapat tumbuhan khas yaitu Dewodaru. 
Obyek :
Pulau Menjangan kecil, Menjangan Besar, Tanjung Gelam, Legon Lele, Pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Tanjung Gelam, Legon Lele, Genting, Kembar, Parang, Cemara dan Krakal. Wisata bahari seperti berlayar, selancar air, ski air, berenang, berjemur di pantai pasir putih, berkemah, wisata budaya, pengamatan rusa dan burung serta menyelam/snorkeling. Paket wisata untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut dapat menghubungi biro perjalanan di Semarang/Jepara (tour satu sampai dengan tujuh hari
-Sumber Gambar: adventureland.com-

7. Taman Nasional Gunung Merapi

Gunung Merapi mempunyai potensi sebagai sumber air bagi kehidupan masyarakat. Dengan tipe hutan tropis pegunungan yang berpengaruh pada aktivitas gunung berapi. Terdapat beberapa satwa yang dilindungi seperti Elang Jawa dan Macan Tutul.

Kegiatan yang bisa dilakukan:
Tekking Jelajah Hutan, Menikmati Panorama, dan Menikmati keunikan budaya sekitar

8. Taman Nasional Gunung Merbabu

Terdiri dari ekosistem Hutan Hujan Tropis Pegunungan Rendah, Hutan Hujan Tropis Pegunungan Tinggi dan Hutan Tropika Sub Alpin. Terdapat berbagai macam tumbuhan dan juga satwa primata.

Potensi yang ditawarkan :
Wisata vulkanik (pendakian) Wisata rimba (perkemahan, lintas alam, interpretasi alam dan lingkungan, pengamatan flora fauna) Wisata pendidikan dan penelitian (studi potensi sumberdaya alam) Wisata sejarah (mengunjungi lokasi dan peninggalan sejarah)  Wisata petualangan (out bond, panjat tebing/rock climbing) Wisata olah raga minat khusus (sepeda gunung/down hill) Wisata budaya (topeng ireng). 

9. Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru

Bertipe ekosistem Sub-montana, montana dan sub-Alpin, Bromo Tengger Semeru mempunyai pohon-pohon besar yang berusia rautsan tahun. Terdapat sekitar 137 Jenis burung, 22 Jenis mamalia. Terdapat beberapa satwa yang dilindungi diantaranya, Luwak, Rusa, Kera Ekor Panjang Ayam hutan merah, Macam tutul dan berbagai macam burung
Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi: 
Cemorolawang,Laut Pasir Tengger dan Gunung Bromo, Pananjakan, Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Puncak Gunung Semeru, Ranu Darungan.
-Sumber Gambar: wisatabromo.co-

10. Taman Nasional Meru Betiri

Banyak didominasi hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah sebagai ciri ekosistem mangrove. Di Meru Betiri juga tumbuh Bunga Raflesia. (Rafflesia zollingeriana). Terkenal juga sebagai habitat harimau loreng jawa. 
Lokasi yang dapat dikunjungi:
Pantai Rajegwesi, Sumbersari, Panti Sukamade dan teluk hijau 
-Sumber Gambar: kaskus.co.id-

 11. Taman Nasional Baluran 

Merupakan ekosistem hutan kering di Jawa, terdapat tumbuhan pilang yang mampu beradaptasi dalam keadaan lingkungan yang kering, masih nampak hijau merki tumbuhan yang lain sudah layu dan kering. Untuk satwa terdapat banteng, kerbau liar macam tutul, kancil dan kucing bakau.

Obyek yang menarik:
Batangan (peninggalan sejarah), Bekol dan semiang (pengamatan satwa), Bawa – Balanan – Bilik (wisata bahari) Manting, Air Kancip, Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo, Curah Tangis, Candi bang, Labuan Merak, Kramat (wisata Budaya)
-Sumber Gambar: my-indonesia.info-

12. Taman Nasional Alas Purwo

Merupakan tipe Hutan Hujan dataran Rendah, Tumbuhan yang khas adalaha sawo Kecik (manilkata Kauki) dan bambu manggong. Satawa yang terdapat di sini adalah Lutung Budeng, banteng, Ajag, Rusa ayam hutan, terdapat juga penyu sebagai satwa liar yang dilindungi.
-Sumber Gambar: tempatwisata.com-
Itulah duabelas Taman Nasional I pulau Jawa yang bisa dijadikan pilihan untuk berpetualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.