Jalur pendakian Gunung Rinjani

Semua pasti tahu Gunung Rinjani, sebuah gunung yang penuh yang menawarkan keindahan di setiap jengkalnya. Sabana, danau dengan gunung ditengahnya dan juga sumber air panas. Pantas saja kalau Gunung Rinjani di Sebut sebagai Gunung Terindah di Indonesia. Gunung ini terletak di Pulau Lombok dan mempunyai ketinggia 3726 Mdpl.

sumber foto:rinjanimountain.com

Untuk menuju ke Gunung Rinjani ada dua cara, yang pertama menggunakan tranportas darat dan yang kedua menggunakan transportasi udara. Jika memang isi dompet pas-pasang lebih baik pakai jalur darat.

Jalur Darat :

Banyuwangi
Untuk menuju ke Banyuwangi bisa dengan menggunakan bus, namun untuk nyamannya kota-kota yang mempunyai akses kereta api akan lebih baik. Dari kota asal bisa mengambil jurusan Stasiun Banyuwangi Baru.

Bali :

  • Dari stasiun Banyuwangi Baru tujuan berikutnya adalah Pelabuhan Ketapang yang hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Dari sini tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Gilimanuk Bali.  
  • Dari pelabuhan tujuan selanjutnya adalah terminal ubung. Kemudian dilanjutkan dengan mencari angkutan ke Pelabuhan Padangbai untuk menyeberang ke pulau Lombok.
  • Bali – Lombok – Sembalun
  • Penyeberrangan dari Padangbai menuju ke Pelabuhan Lembar lombok akan memakan waktu sekitar. 4-5 jam 
  • Selanjutnya akan dilanjutkan dengan menyewa kendaraan menutu ke terminal Mataram.
  • Tujuan selanjutnya adalah menuju ke pasar Aikmel, untuk menuju ke sini bisa menggunakan mobil sejenis elf. 
  • Terakhir adalam dengan menggunakan mobil pick up untuk menuju Sembalun dengan waktu sekitar 2 jam.

Jalur Udara :

Tujuan penerbangannya adalah menuju Bandara Praya

Bandara – Sembalun (langsung)

Bisa sewa mobil dari bandara sampai Sembalun dengan tarif sekitar Rp 500 ribu bisa diisi sampai 10 orang dengan lama perjalanan 3-4 jam. Atau juga bisa secara estafet dengan rute: Kupang – Aikmel – Sembalun

Basecamp ke Pos 1
Untuk menuju ke pos 1 kira-kira membutuhkan waktu 3,5 jam perjalanan santai. Jalur ini sedikit terbuka dengan padang sabana yang sangat luas.

Pos 2
Dapat ditempuh kurang dari 1 jam dari pos 1, pos 2 ini adalah tempat istirahat yang banyak disukai pendaki karena memang tempatnya teduh dan puncak Rinjani yang nampak dari pos ini menambah keindahan tersendiri.

Pos 3
Pos ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam dari pos 2 dengan trek yang hampis sama dengan trek sebelumnya

Pos 4
Menuju pos 4 adalah melewati sebuah trek yang sangat terkenal, Bukit penyesalan. Tanjakan yang tidak ada habisnya akan dilalui para pendaki. Sekitar dua jam dibutuhkan untuk melewati bukit penyesalan ini dan diujungnya sudah menunggu Plawangan.

Plawangan
Ini adalah kawasan tempat camp sebelum menuju ke puncak rinjani. Pendaki biasanya memulai pendakian ke puncak pada dini hari agar mendapatkan sunrise ketika sampai di puncak.

Puncak
Untuk menuju ke puncak trek yang dilalui adalah jalur dengan batu kerikil dan pasir. Waktu yang dibuthkan sekitar 4 jam.

Ketika turun pendaki bisa mampir untuk menikmati segara anak yang menawan atau bisa juga langsung menuju ke basecamp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.