Kawah Ijen

Akses menuju Kawah ijen dapat ditempuh dengan rute Surabaya – Banyuwangi – Paltuding. Diperlukan fisik yang baik untuk mengelilingi kawah ijen karena semua tempat harus ditempuh dengna jalan kaki. Dari paltuding jarak masih sekitar tiga kilometer lagi. Di Paltuding juga terdapat camping ground yang bisa digunakan. 
Jalan menuju kawah ijen sedikit licin dengan tanjakan yang curam. Di pinggir-pinggir jalur adalah kawasan hutan. Untuk sampai di kawah ijen dibutuhkan waktu sekitar 90 menit. Pengunjung dapat berjalan mengelilingi kawah ataupun turun ke tepi danau dengan mengikuti jalan yang biasa dilalui penambang belerang. 
Termasuk dalam Wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, kawah ijen ini berada di ketinggian 2.368 Mdpl. kawah ijen terletak dalam kaldera paling luas di Pulau Jawa. Ukuran kawah ijen mencapai 960 X 600 meter dan mempunyai kedalaman sampai 200 m. Air di kawah ijen ini mencapi 200° celcius dengan tingkat keasamaan (ph) 0,5 yang dapat melarutkan tubuh manusia dengan sangat cepat. Jangan khawatir dengan fakta di atas, selama tidak berenang di kawah kan masih aman 😀
Karena hal tersebut di atas kawah ini menjadi sangan menakjubkan, air danau (kawah) yang berwarna hijau kebiruan akan mempesona kita. Ditambah dengan kepulan asap belerang yang makin menambah suasana semakin syahdu.
Lereng kawah juga punya pemandangan indah dengan pepohonannya. Ketika malam hari ada satu fenomena yang sangat menakjubkan dapat kita saksikan, adalah blue fire (api biru) yang muncul ditengah kawasan penambangan belerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.