Pendakian Gunung Slamet Via Guci

Pendakian Gunung Slamet Via Guci – Jalur ini merupakan salah satu jalur yang cukup dikenal di kalangan pendaki. Hutan yang lebat membuat sensasi pendakian yang sangat berbeda dengan gunung yang lain. 

Rute menuju Guci adalah: Semarang – Kendal – Batang –Pemalang – Bantar bolang –Moga – Guci. Sebelum masuk kota pemalang pendaki ambil arah Purbalingga. Dan lurus saja menuju arah Guci. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam perjalanan

Jalur Pendakian Via Guci :
Belum terdapat Basecamp pendakian resmi, Registrasi bisa dilakukan di Organisasi Pecinta Alam setempat GALAS (Gabungan Alam Slamet)
Pos 1
Untuk menuju pos 1 ini jalur sedikit membingungkan, membawa teman yang sudah pernah lewat jalur adalah hal yang cukup bijak. Karena banyaknya percabangan akan membuat pendaki yang baru pertama lewat akan kebingungan bahkan tersesat. 
Ambil arah lurus dari basecamp jika sudah ketemudengan perempatan terus saja lurus menuju air terjun dan dilanjutkan ke bawah ke ke bumi perkemahan, dari sini pendaki bisa mengambil arah kiri dengan jalanan batu (makadam) yang sudah rusak.
Tetap lurus saja sampai bertemu dengan pohon yang berdiri sendirian (kalau masih ada) di sebuah pertigaan yang sedikit melenceng. Dari sini pendaki ambil jalur yang lurus (beraspal) hingga jalan mengecil dan baru setelah ketemu pertigaan ambil kiri dan melewati hutan pinus dan tak lama akan sampai di pos 1. Waktu dari basecamp menuju tempat ini sekitar 1 jam. 
Pos 2
Lebatnya hutan gunung Slamet mulai dirasakan menuju ke pos 2, kiri kanan banyak pohon dengan umur ratusan tahun yangberlumut. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di pos 2 ini. Di pos 2 ini tidak ada gubuk atau shelter seprti jalur Bambangan, hanya tanah rata yang bisa muat beberepa tenda saja
Pos 3 
Suhu lembab sangat terasa di hutan Slamet yang lebat ini dengan view yang tidak jauh bebedar dari sebelumnya. Inilah kenapa terkadang menjadikan perjalanan sedikit membosankan. Sekitar 1 jam sampailah di pos 3. Sama seperti pos sebelumnya, di tempat ini tidak ada shelter atau bangunannya. Hanya saja lebih luas dibanding pos 1 dan pos 2 
Pos 4
Menuju pos 4 akan menjadi perjalanan yang sedikit lebih lama dari sebelumnya. Di sini pendaki sebaiknya tetap konsentrasi karena banyak jalan buntu yang bisa saja membingungkan. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di pos 4 ini. 
Pos 5
Istimewanya slamet karena memang hutannya yang masih lebat. terkadang banyak pohon tumbang di trek menuju pos 5. Setelah perjalanan sekitar sekitar 1,5 jam pendaki akan menemukan sebuah pondok yang bisa digunakan untuk beristirahat. Di dekat pos ini ada sumber air dengan menuruni sebelah kanan jalur. Jalur sangat curam untuk sampai di sumber air. Meski terdapat sumber air, alangkah baiknya jika pendaki tetap membawa air dari basecamp secukupnya. 

Batas Vegetasi
Untuk sampai di batas vegetasi pendaki masih harus menyusuri hutan yang tidak kalah lebat dengan sebelumnya. Di batas vegetasi ini tanahnya sedikit datar dan bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Dibutuhkan waktu untuk sampai di batas vegetasi (Plawangan)
Puncak Surono
Jalur menuju puncak tentu tidak jauh berbeda dengan Jalur Bambangan, batu dna kerikil menjadi satu-satunya yang ada disepanjang jalur. Sekitar 2 jam pendaki akan sampai di puncak Slamet. Untuk menuju ke puncak surono pendaki harus meletati area pasir yang sangat labil (wajib berhati-hati di tempat ini). pendaki harus melipir ke kiri dan sampailah di Kawah Gunung Slamet. Baru kemudian pendaki harus naik Ke puncak Surono.
Untuk mendaki Gunung Slamet Via Guci Ini sangat disarankan bersama orang yang sangat mengenal jalur dan berpengalaman. Jalan yang penuh percabangan dan juga cuaca kadang membuat pendaki tersesat.  Terutama jalan dari puncak menuju batas vegetasi.

Referensi: Catatan Pendaki Gunung, Maszal Adventure 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.