Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk masih termasuk dalam wisata andalannya Gunung Kidul. Selain Goa Pindul, Kabupaten ini masih mempunyai tempat-tempat unik dan menakjubkan dengan wisata air alaminya. 
Sri Gethuk, nama yang sangat aneh di dengar. Gethuk merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. “Gethuk” di sini berasal dari salah pengucapan “kethuk” yaitu salah satu nama Gamelan Jawa. Namun karena lidah lebih mudah menyebut Gethuk, maka sampai saat ini populerlah nama  Sri Gethuk. 
Sejarah pemberian nama itu tak lepas dari mitos dan kepercayaan setempat tentang adanya jin yang menghuni tempat tersebut. Kata masyarakat setempat di hari-hari tertentu sering terdengar suara gamelan yang katanya dimainkan oleh lelembut.
Letaknya yang diatas bukit membuat pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter dan kemudian menaiki anak tangga yang berjumlag 96. Selain berjalan kaki pengunjung juga dapat naik rakit yang terbuat dari drum, tentunya dengan biaya tambahan.
Di tempat ini wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang menawan dengan ketinggian 30 meter. Air yang turun melalui celah bukit kapur membuat air terjun ini berbeda dengan yang lainnya. Didasar air terjun berbentuk seperti undak-undak dari tanah kapur yang menambah pesonanya. 
Alamat :
Air Terjun Sri Gethuk: Bleberan, Playen, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Akses
• jalur utama melewat jalan Wonosari – Pathuk – per3an Gading – Playen – Bleberan.
• Jalur kedua yang merupakan jalur alternatif melalui jalan Imogiri barat – jalan Panggang – Panggang – Paliyan – Playen – Bleberan.
Kalau sudah sampai bleberan , bisa langsung menuju ke arah gua rancang kencono dengan melalui jalan kecil dengan batu gamping yang ditata. 
Peta :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.